Menjelang Jadwal Asian Games Timnas Indonesia U-23 lawan Laos 2018 - Indonesia-News.id

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 16 Agustus 2018

Menjelang Jadwal Asian Games Timnas Indonesia U-23 lawan Laos 2018

Timnas Indonesia U-23 melakoni sesi foto jelang menghadapi Palestina U-23 (Foto: MI/Rommy Pujianto)


Enam laga di cabang sepak bola putra Asian Games 2018 akan tersaji pada Jumat 17 Agustus. Salah satu di antaranya merupakan pertandingan antara Indonesia U-23 kontra Laos U-23. Dua kemenangan menjadi misi utama Timnas Indonesia U-23 demi mengamankan tiket ke babak 16 besar cabor sepak bola Asian Games 2018. Laga melawan Laos di Stadion Patriot Candrabhaga, Jumat (17/8/2018) pukul 19:00 WIB, adalah jalan pertama yang harus dilalui untuk mencapai misi tersebut.

Terlebih, ini hari spesial. Indonesia sedang merayakan hari ulang tahun kemerdekaan ke-73. Seruan untuk mempersembahkan kemenangan sebagai kado bagi negeri di hari yang sakral ini terdengar di mana-mana.

Namun, melihat laga yang sudah-sudah, Timnas U-23 bukannya tanpa cela. Bila masalah ini tak diatasi, bagaimana pula mereka dapat memberikan kado ulang tahun kemerdekaan dalam wujud kemenangan atas Laos?

Melihat riwayat pertemuan, Timnas U-23 punya catatan yang lebih baik. Dari lima pertemuan terakhir yang digelar oleh kedua kesebelasan, ‘Garuda Muda’ mampu meraih tiga kemenangan, berbanding dua dibanding koleksi tim tamu.

Persoalannya, laga sepak bola bukan buku sejarah. Selain menelan kekalahan dari Palestina dalam laga terakhirnya, Timnas U-23 juga bakal menemui kesulitan karena Laos bermain amat apik saat bersua Palestina di laga kedua Grup A.

Milla Perlu Pemain Kreatif, Bukan Cuma Pemain Cepat

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Luis Milla, menggunakan pola yang sama saat melakoni dua pertandingan perdana di Grup A, yaitu 4-2-3-1. Meski demikian, susunan dan peran dari setiap pemain yang diturunkan berbeda.

Melihat dua laga sebelumnya, sepintas tak ada yang salah dari pola tersebut. Melihat gaya bermain Laos, tak masalah apabila skema ini dipertahankan. Namun, bukan berarti tak ada cela yang harus diperbaiki.

Hal pertama yang harus diubah Milla adalah kecenderungan untuk memilih pemain. Tahu bahwa Laos membawa bekal kecepatan dan semangat pantang menyerah, ia tentu harus melakukan pendekatan yang berbeda.

Meladeni tipikal permainan Laos, Milla perlu lebih cerdik. Ia tak hanya butuh pemain yang bisa beradu lari atau beradu otot di atas lapangan. Sebab yang ia perlukan hanya satu: Pemain yang cakap untuk bersaing soal kreativitas.

Langkah tersebut bisa diaplikasikan oleh Milla, misalnya di pos bek sayap. Gavin Kwan Adsit dan Rezaldi Hehanussa menjadi dua pemain yang rasanya pantas dimainkan sejak menit awal dalam pertandingan ini.

Untuk pos gelandang serang, ada baiknya Stefano Lilipaly dikembalikan ke posisi aslinya, yakni gelandang serang tengah. Hal berbeda perlu dilakukan oleh Milla di pos gelandang serang sayap. Saddil Ramdani bisa menjadi solusi di pos ini.

Berikut jadwal lengkap pertandingan cabang olahraga sepak bola putra Asian Games 2018, Jumat 17 Agustus:


  • 16:00 WIB: Hong Kong vs Palestina
  • 16:00 WIB: Bahrain vs Kirgizstan
  • 16:00 WIB: Iran vs Korea Utara (Live TVRI)
  • 19:00 WIB: Laos vs Indonesia (Live SCTV)
  • 19:00 WIB: Malaysia vs Korea Utara (Live TVRI)
  • 19:00 WIB: Myanmar vs Arab Saudi


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad