Presiden Jokowi Naikkan Gaji PNS Pada Tahun 2019 - Indonesia-News.id

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 17 Agustus 2018

Presiden Jokowi Naikkan Gaji PNS Pada Tahun 2019

Presiden Jokowi Naikkan Gaji PNS Pada Tahun 2019
Presiden Jokowi Naikkan Gaji PNS Pada Tahun 2019
JAKARTA, Indonesia-news.id – Presiden Joko Widodo akan menaikkan gaji pokok aparatur sipil negara (ASN) dan pensiun pokok bagi pensiunan ASN rata-rata lima persen pada tahun depan.

"Peningkatan kualitas dan motivasi birokrasi terus dilakukan agar aparatur negara makin profesional, bersih dan terjaga kesejahteraannya," kata Presiden Joko Widodo dalam Penyampaian Keterangan Pemerintah atas RUU RAPBN 2019 Beserta Nota Keuangannya di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Untuk itu, selain melanjutkan kebijakan penggajian yang telah dilakukan tahun 2018, pada tahun 2019 pemerintah akan menaikkan gaji pokok dan pensiun pokok bagi aparatur negara serta para pensiunan.

Presiden menambahkan, bahwa pemerintah akan melakukan percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi di 86 kementerian/lembaga (K/L). Diharapkan, memberikan pelayanan publik bisa lebih baik, mudah, cepat dan transparan, disertai penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Dalam beberapa tahun terakhir, kata Presiden, berbagai langkah telah dilakukan pemerintah untuk memperbaiki kinerja birokrasi melalui penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik seperti e-procurement, Satu Data dan Satu Peta, penguatan reformasi birokrasi, serta 19 peningkatan kualitas layanan publik, seperti melalui Mal Pelayanan Publik.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut, upaya perbaikan birokrasi telah mendongkrak peringkat Government Effectiveness Index Indonesia sebanyak 17 peringkat dari peringkat 103 pada tahun 2015 menjadi peringkat 86 pada tahun 2016.

Secara umum, kata Presiden, dalam RAPBN tahun 2019, pemerintah menganggarkan belanja negara Rp2.439,7 triliun atau sekitar 15 persen dari Produk Domestik Bruto Indonesia. Jumlah tersebut naik 10 persen dibandingkan belanja negara tahun lalu.

Presiden berjanji kualitas belanja negara akan semakin ditingkatkan dan fokus untuk memacu perekonomian dan menciptakan kesejahteraan rakyat yang makin merata dan adil.
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad