Sel Tahanan Untuk Setya Novanto Cukup Mewah - Indonesia-News.id

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 16 September 2018

Sel Tahanan Untuk Setya Novanto Cukup Mewah


Indonesia-news.id - Diketahui sel tahanan Setya Novanto di Lapas Sukamiskin, Bandung, sangat mewah. Sel tersebut sangat beda dengan sel lainnya. Sel Setya Novanto memiliki fasilitas yang yang tak biasanya seperti wallpaper dan sprei bagus.

Irjen Kemenkumham Aidir Amin Daud, saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (15/8/2018), mengatakan, mewahnya kamar Novanto bukan fasilitas dari lapas. Dia mencontohkan barang seperti sprei berwarna putih kemungkinan dibawa sendiri oleh penghuni kamar.

"Begini, biasanya sprei bawa sendiri. Kelihatan bagus. Mungkin orang ada penyakitnya harus pakai sprei putih yang bersih karena ada asma, biasa kan begitu. Kalau soal kebersihan kita sama-sama menghormati lah," tuturnya.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang‎ menanggapi temuan Ombudsman soal sel mewah Setya Novanto di Lapas Sukamiskin. Menurut dia, seharusnya, konsep penjara harus berlaku sama untuk semua tahanan, apapun kasusnya.

"Kembali ke situasi rumah binaan Sukamiskin sebagaimana disebut Ombudsman tentu agar diperbaiki. Kalau itu benar, jelas ini ketidakadilan," kata Saut saat dikonfirmasi soal sel mewah Setya Novanto, Jakarta, Sabtu (15/9/2018).

"Beri saja semua warga binaan luas ruang yang sama namun dengan sejumlah ketentuan lain yang selaras serasi seimbang. Jangan lah dengan luas space yang sama yang punya uang banyak boleh bawa home theater misalnya. Jadi lagi-lagi harus tetap ada pembatasan," imbuh dia.

Saut mengatakan, penjara adalah tempat untuk melakukan pembinaan sehingga mereka yang menghuni disebut sebagai warga binaan. Dia berharap pemerintah dapat segera memperbaiki sel-sel mewah dalam lapas, seperti sel Setya Novanto.

"Konsep penjara sebagai salah satu tempat yang membina. Bisa saja dibuat diatas standar internasional yang dibuat badan-badan dunia. Bisa saja negara kita membuat umpamanya ,semua tahanan terlepas apa kasusnya; boleh bebas main bola, main komputer, naik sepeda, lapangan luas kamar luas, boleh main musik, nonton tv , ketemu keluarga kapan saja, internet. Namun semuanya secara terbatas (haknya dibatasi)," tutur Saut.
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad